PENGERTIAN SISTEM KOMUNIKASI, RELASI KOMUNIKASI ANTAR PERSONAL & KOMUNIKASI INTERPERSONAL


           
A.    Pengertian Sistem Komunikasi Dan Sistem Jaringan

a.      Sistem Komunikasi

Merupakan peralatan yang digunakan dan mampu untuk menghubungkan seseorang dengan orang lain yang terpisah jarak dan waktu. Peralatan komunikasi ini dapat menyalurkan berbagai bentuk informasi seperti di bawah ini:

·         Informasi Audio, penyampaian informasi berupa pesan suara.

·         Informasi Visual, penyampaian informasi berupa pesan gambar atau video.

·         Informasi Audio Visual, penyampaian informasi berupa perpaduan atau gabungan  pesan suara atau gambar.

·         Informasi Teks, penyampaian informasi berupa pesan tulisan atau teks.

Berikut adalah contoh peralatan komunikasi:

·         Telepon

·         Faksimile

·         Radio

·         Televisi

·         Handphone

·         Laptop

b.      Sistem Jaringan

Sistem jaringan digunakan untuk menghubungkan dua atau lebih komputer sehingga dapat bertukar dan berbagi data. Sistem jaringan juga berlaku pada ponsel dengan memanfaatkan jaringan internet.

Ada dua istilah yang erat kaitannya dengan sistem jaringan yaitu:

1.      Stand Alone adalah komputer atau perangkat yang hanya berdiri sendiri dan tidak terhubung dengan jaringan.

2.      Networking adalah komputer atau perangkat yang saling terhubung dengan computer lain melalui  sebuah jaringan.

Berikut ini merupakan peralatan dalam system jaringan:

·         Server

·         Client

·         Router

·         Modem

 

                            B. Pengertian Komunikasi Interpersonal dan Relasi komunikasi antar personal

a.      Komunikasi Interpersonal

De Vito (2009) mendefinisikan komunikasi interpersonal sebagai proses pengiriman dan penerimaan pesan di antara dua orang atau lebih, formal maupun informal. Komunikasi interpersonal dimengerti sebagai umpan balik yang saling berkaitan satu sama lain dengan tujuan untuk membantu seseorang meningkatkan efektivitas pribadi dan efektivitas antara pribadi. Komunikasi interpersonal mengharuskan pelaku untuk bertatap muka antara dua orang atau lebih dengan membawakan pesan verbal maupun non verbal sehingga masing-masing bisa memahami satu sama lain dan berinteraksi secara efektif.

Rogers (dalam Rakhmat, 2012) mengatakan bahwa makin baik komunikasi interpersonal, maka makin terbuka seseorang mengungkapkan dirinya dan makin positif persepsinya terhadap orang lain melebihi persepsi dirinya.

Tubbs dan Moss (2008) mengartikan komunikasi interpersonal sebagai sebuah proses komunikasi antara komunikan dan komunikator yang ditandai dengan terwujudnya saling pengertian, kesenangan, saling mempengaruhi, hubungan sosial yang baik, juga adanya tindakan nyata sebagai umpan-balik. Komunikasi diharapkan dapat mengurangi dampak buruk yang timbul pada kelompok yang berkaitan dengan kejenuhan dalam pekerjaan.

Cangara (2005) menyatakan bahwa komunikasi interpersonal sangat penting untuk meningkatkan hubungan antar individu, menghindari dan mengatasi konflik pribadi, mengurangi ketidakpastian, berbagi pengetahuan dan pengalaman dengan orang lain, mengendalikan perilaku, memberi motivasi, sebagai pernyataan emosi, dan memberikan suatu informasi.

 

Ciri-ciri komunikasi interpersonal menurut Reardon yang disampaikan pada tahun 1987 adalah sebagai berikut:

·         Komunikasi dilakukan karena adanya berbagai faktor pendukung

·         Berakibat sesuatu yang disengaja maupun yang tidak disengaja

·         Seringkali berbalas balasan

·         Mensyaratkan adanya hubungan paling sedikit dua orang interpersonal

·         Suasana pada saat komunikasi harus bebas, bervariasi, dan adanya keterpengaruhan

·         Menggunakan berbagaoi lambang yang mempunyai makna

 

Fungsi Komunikasi Dalam Organisasi

·         Fungsi informative: seluruh anggota organisasi berharap mendapatkan informasi yang lebih banyak, lebih baik, dan tepat waktu.

·         Fungsi regulative: berkaitan dengan peraturan peraturan yang berlaku pada suatu organisasi

·         Fungsi persuasive: melakukan persuasi dibandingkan perintah untuk hasil kerja dan komunikasi yang lebih baik.

·         Fungsi integrative: menyediakan saluran yang memungkinkan karyawan dapat melakukan tugas dan pekerjaannya dengan baik.

Gaya Komunikasi Pimpinan

·         The controlling style

·         The equalitarian style

·         The structuring style

·         The dynamic style

·         The relinguishing style

·         The withdrawal style

b.      Relasi antar Personal

Hubungan antar sesama dalam istilah sosiologi disebut relasi atau relation.Relasi juga disebut sebagai hubungan sosial merupakan hasil dari interaksi (rangkaian tingkah laku) yang sistematis antara dua orang atau lebih.Relasi merupakan hubungan timbal balik antar individu yang satu dengan individu yang lain dan saling mempengaruhi. Suatu relasi atau hubungan akan ada jika tiap-tiap orang dapat meramalkan secara tepat macam tindakan yang akan datang dari pihak lain terhadap dirinya. Dikatakan sistematik karena terjadinnya secara teratur dan berulangkali dengan pola yang sama.

Menurut Ruben dan Stewart (2006) hubungan interpersonal adalah hubungan yang berdasarkan pada pengolahan pesan yang timbal-balik.Sebuah hubungan dibentuk ketika terjadinya pengolahan pesan yang timbal balik. Sedangkan menurut menurut Spradley dan Mccurdy (1975), relasi atau hubungan yang terjadi antara individu yang berlangsung dalam waktu yang relatif lama akan membentuk suatu pola, pola hubungan ini juga disebut pola relasi.

Manfaat membangun relasi dengan banyak orang

·         Memudahkan dalam mencapai tujuan

·         Mudah mendapatkan bantuan saat ada masalah

·         Melancarkan pekerjaan

·         Membantu memahami pribadi setiap orang

C.              Media Relation

1.      Peranan Media Relation

Media relation sebagai kompenen dari Public relation tentu saja mengikuti langkah-langkah standar Public relation. Standar cara kerja Public relation mencakup :

·Pengumpulan fakta

·Perencanaan dan penyusunan program, menurut permasalahan yang telah dirumuskan

·Melalukan rencana dengan tindakan komunikasi

·Merumuskan permasalahan menurut hasil penelitian atau kajian.

·Evaluasi terhadap seluruh rangkaian kegiatan dan program Public relation

2.      Tujuan Media Relation

Apabila suatu perusahaan melaksanakan program media relation, pada biasanya ialah perusahaan yang sangat memerlukan dukungan media massa dalam pencapaian :

·         Untuk mendapatkan tempat dalam pemberitaan media

·         Untuk memdapatkan publisitas seluas mungkin mengenai aktivitas serta instansi

·         Menciptakan relasi yg stabil dan berkelanjutan yg dilandasi oleh saling percaya.

·         Untuk mendapatkan umpan balik dari masyarakat mengenai upaya dan aktivitas organisasi

3.      Fungsi Media Relation

·         Memajukan citra perusahaan.

·         Meningkatkan hubungan dari berbagai publik, seperti terhadap instansi pemerintahan, perusahaan-perusahaan, organisasi kemasyarakatan, maupun individu.

·         Memajukan point of selling dari produk dan jasa.

·         Menambahkan kepercayaan publik terhadap produk dan jasa yang ditawarkan oleh perusahaan.

·         Menolong perusahaan keluar dari komunikasi krisis.

4.      Aktivitas Media Relation

Aktivitas media relation pada umumnya dilaksanakan oleh departemen Public relation, bentuk aktivitasnya berupa:

·         Pengiriman siaran pers

·         Mengadakan konfrensi pers

·         Mengadakan perjalanan pers

·         Menjadi narasumber media

·         Mengadakan media gathering

·         Mengadakan wawancara khusus

·         Mengadakan special event


Referensi:

https://www.youtube.com/watch?v=IU-wITLQfmc

https://www.youtube.com/watch?v=My2GGy_FHzI

https://www.youtube.com/watch?v=1RtJ3RrtPSM

https://www.youtube.com/watch?v=4uZO9pktCo

https://id.wikipedia.org/wiki/Komunikasi_interpersonal

http://repository.uin-suska.ac.id/6705/3/BAB%20II.pdf

https://www.akudigital.com/bisnis-tips/peranan-media-relations/

https://magazine.job-like.com/manfaat-membangun-relasi-dalam-berbagai-aspek-kehidupan/#:~:text=Semakin%20banyak%20Anda%20memiliki%20relasi,tujuan%20maupun%20membantu%20pengembangan%20diri

https://bppps.kemensos.go.id/bahan_bacaan/file_materi/komunikasi-dan-relasi-sosial.pdf

 

 

 

 

 

 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

PERILAKU KOLEKTIF DAN PENGELOMPOKAN MANUSIA

PERUBAHAN SOSIAL

Fresh Cow Milk