Pengertian, Ruang Lingkup, dan Manfaat Sosiologi Komunikasi

 


A.    Pengertian Sosiologi Komunikasi

Sosiologi Komunikasi menurut Soerjono Soekanto (Soekanto, 2003: 423) merupakan kekhususan sosiologi dalam mempelajari interaksi sosial yaitu suatu hubungan atau komunikasi yang menimbulkan proses saling pengaruh mempengaruhi antara para individu, individu dengan kelompok maupun antar kelompok.

Mengingat masyarakat sebagai obyek kajian, maka mempelajari sosiologi komunikasi tidak akan bisa melepaskan diri dengan media interaksi sosial yaitu, lembaga sosial serta media massa dan norma-norma sosial yang mengaturnya. Oleh karena itu, seringkali sosiologi komunikasi kemudian ditulis sebagai sosiologi komunikasi sebagaimana yang dikemukakan oleh Charles R. Wright dan beberapa buku di Indonesia lainnya.

B.     Ruang Lingkup Sosiologi Komunikasi

Menurut Burhan Bungin (2006:27-31) Sosiologi komunikasi terdiri dari 4 konsep yang sekaligus menjadi ruang lingkup sosiologi komunikasi. Ke-empat konsep tersebut yakni sosiologi, masyarakat, komunikasi dan teknologi komunikasi informasi.

a.       Sosial

Menurut Pitirin Sorokin (Soekanto,1:9200), sosiologi adalah ilmu yang mempelajari tentang: Hubungan dan pengaruh timbal balik antara aneka macam gejala-gejala sosial (misalnya: antara gejala ekonomi dan agama, keluarga dengan moral, hokum dengan ekonomi, gerak masyarakat dengan politik, dan sebagainya), hubungan dengan pengaruh timbal balik antara gejala sosial 5 dengan gejala non-sosial (misalnya: gejala geografis, biologis, dan sebagainya), dan ciri-ciri umum semua gejala-gejala sosial

b.      Masyarakat

Selo Soemardjan (Soekanto,24:2003) menyatakan masyarakat adalah orang-orang yang hidup bersama, yang menghasilkan kebudayaan. Berdasarkan definisi tersebut, maka disimpulkan bahwa masyarakat adalah kumpulan manusia yang hidup bersama-sama dalam waktu yang cukup lama, tinggal di suatu wilayah tertentu, mempunyai kebudayaan sama serta melakukan sebagian besar kegiatan di dalam kelompok atau kumpulan manusia tersebut.

c.       Komunikasi

Onong Uchyana (2002:11), mengatakan bahwa komunikasi sebagai proses, pada hakikatnya adalah proses penyampaian pikiran ata perasaan seseorang (komunikator) kepada orang lain (komunikan). Pikiran bisa merupakan gagasan, informas atau opini yang muncul dari benak komunikator. Perasaan bisa berupa keyakinan, kepastian, keraguan, kekhawatiran, kemarahan, keberanian, maupun kegairahan yang muncul dari dalam hati. Berdasarkan berbagai definisi tersebut, maka disimpulkan bahwa lingkup komunikasi menyangkut persoalan-persoalan yang terkait dengan substansi interaksi sosial orang-orang dalam masyarakat; termasuk komunikasi yang dilakukan secara langusung maupun dengan menggunakan media komunikasi.

d.      Teknologi media informasi

Menurut Alter (Burhan Bungin,30:2009), teknologi informasi mencakup perangkat keras dan perangkat lunak untuk melaksanakan satu atau sejumlah tugas pemrosesan data seperti menangkap, mentrasmisikan, menyimpan, mengambil, memanipulasi atau menampilkan data. Martin (Burhan Bungin,30:2009), mendefinisikan teknologi informasi tidak hanya terbatas pada teknologi komputer (perangkat keras dan perangkat lunak) yang digunakan untuk memproses dan menyimpan informasi, melainkan juga mencakup teknologi komunikasi untuk mengirimkan informasi.

C.     Manfaat Sosiologi Komunikasi

Ada beragam bentuk manfaat yang dipelajari seseorang ketika fokus dalam sosiologi komunikasi, manfaat tersebut antara lain adalah sebagai berikut;

1.      Memberikan pengetahuan dan wawasan mengenai tatacara berkomunikasi yang baik

2.      Dapat dengan mudah diterima masyarakat/lingkungan

3.      Menciptakan kepekaan sosial

4.      Memberikan rasa percaya diri dan tidak minder dalam melakukan hubungan sosial dengan masyarakat.

 

Referensi:

http://sosiologi.fis.unp.ac.id/images/download/BAHAN/SOSIOLOGI%20KOMUNIKASI.pdf

 

https://dosensosiologi.com/pengertian-sosiologi-komunikasi-ruang-lingkup-dan-contohnya-lengkap/#:~:text=Manfaat%20Sosiologi%20Komunikasi,-Ada%20beragam%20bentuk&text=Memberikan%20pengetahuan%20dan%20wawasan%20mengenai,melakukan%20hubungan%20sosial%20dengan%20masyarakat.

http://eprints.mercubuana-yogya.ac.id/139/4/BAB%20II.pdf

 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pesantrenku Al Amanah

How to create auto reply and gmail signature

PERILAKU KOLEKTIF DAN PENGELOMPOKAN MANUSIA